Sabtu, 31 Maret 2012


Tips perawatan batu Mulia kesayangan
maret 31,2012 by:sukma

Keberadaan dan keawetan koleksi bagi para pecinta bebatuan, baik Batu Mulia/permata, Batu Akik, Fosil kayu, dan sebagainya, adalah hal yang masih belum dipandang sebagai sesuatu yang penting. Padahal untuk memelihara keawetan keindahan koleksinya sangat diperlukan kejelian tersendiri dan waktu tersendiri demi tetap terpancarnya cahaya keindahan yang dimiliki dari batu tersebut. Tak dipungkiri lagi bahwa kesibukan yang menyita waktu kadang melupakan upaya perawatan dari koleksi yang dimiliki. Berikut ini disampaikan beberapa tips perawatan dari perhiasan dan koleksi batu anda :



Bersihkan perhiasan secara berkala dengan cara mencucinya menggunakan sabun yang lembut. Bilas dengan air hangat, dan keringkan dengan handuk. Jika Anda ragu melakukannya sendiri, bawa perhiasan ke tokonya dan minta tolong petugas di sana untuk mencucikannya.
Dimalam hari, simpan dan lepaskan perhiasan saat hendak tidur. Jangan membiasakan diri tidur dengan tetap mengenakan perhiasan, karena bisa jadi perhiasan itu akan melukai Anda, atau bahkan merusak perhiasan itu sendiri.
Simpanlah dan lepaskan perhiasan saat Anda melakukan aktifitas yang menggunakan bahan-bahan kimia, seperti saat membersihkan rumah, gardening, mencuci kendaraan, dll serta saat melakukan aktivitas berolah raga. Keringat, dan bahan-bahan kimia dapat merusak warna dan kilau dari perhiasan serta batu mulia yang anda miliki.
Hindarkan tempat penyimpanan perhiasan dan batu mulia anda bersamaan dengan kosmetik, parfum, dan hairspray. Kenakan perhiasan setelah Anda selesai berdandan, untuk menghindari kontak perhiasan dengan bahan-bahan kimia dari parfum atau kosmetik itu. Karena bahan-bahan kimia kosmetik dapat mengurangi kilau pancaran cahaya karena permukaan batu menjadi kusam tertutup bahan kimia.
Secara berkala datanglah ke tukang poles batu mulia untuk menghilangkan kotoran dan untuk dipoles ulang sehingga keindahan dari batu mulia anda tetap terjaga.
Tempatkan koleksi batu mulia anda dalam tempat yang memiliki slot terpisah antar batu, sehingga tidak terjadi gesekan. Karena gesekan dapat mengakibatkan goresan pada permukaan batu.
Bagi perhiasan yang sedang dipakai, dan akan melakukan aktivitas yang bersentuhan dengan bahan kimia, simpanlah ditempat yang aman (bisa disaku, atau didalam laci), karena anda akan bersedih bilang batu mulia kesayangan jatuh atau raib.
Hindari batu mulia dan perhiasan anda dari aktivitas yang berakibat pada terbenturnya, atau jatuhnya batu mulia pada permukaan yang keras, karena benturan dapat mengakibatkan pecahnya batu mulia kesayangan anda
Masih banyak tips untuk merawat batu mulia kesayangan anda, tapi yang penting adalah perlakukan batu mulia atau perhiasan anda menjadi barang yang harus selalu anda jaga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar